TRIPONIK

Lahan pertanian semakin sempit akibat pembangunan perumahan, jalan tol, jalan raya, pabrik, sekolah, bandara, bendungan dan pasar.  Sedangkan masyarakat membutuhkan hasil pertanian untuk makannya.   Masyarakat membutuhkan ikan, daging dan sayur untuk kelangsungan hidupnya.  Untuk mendapatkan ikan atau daging dilakukan budidaya perikanan atau pemeliharaan hewan ternak. Untuk menghasilkan sayuran dilakukan kegiatan budidaya tanaman.  Baik secara konvensional ataupun modern seperti hidroponik.  Tetapi dalam budidaya perikanan masih ada banyak biaya yang harus dikeluarkan, salah satunya biaya pakan untuk makanan ikan. Dan juga dalam budidaya tanaman secara hidroponik masih dibutuhkan biaya untuk membeli pupuk untuk menumbuhkan tanaman.  Salah satu solusi untuk mengatasi biaya pakan ternak lele dan pupuk hidroponik adalah dengan Triponik. Dengan teknologi TRIPONIK biaya untuk pakan ikan dan pupuk hidroponik menjadi tidak ada atau biaya pakan dan pupuk menjadi nol.

TRIPONIK ini semula bernama SUPERPONIK yang dilakukan di SMP Al-Jannah Cibubur adalah hasil percobaan sederhana dalam bidang teknologi tahun 2013 menggabungkan tiga kegiatan usaha yaitu budidaya ikan lele, diatas ada kandang untuk memelihara ayam dan budidaya tanaman hidroponik.  Kita hanya memberikan makan ayam, tetapi dapat dipanen 3 hasil yaitu ayam, ikan dan sayuran.  Kotoran ayam sebagai pakan ikan lele, air kolam tempat memelihara ikan yang bercampur kotoran ayam dan feses ikan sebagai pupuk cair untuk nutrisi tanaman kangkung diatas kolam ikan.  Ada daur ulang atau recycle, yaitu kotoran ayam dimanfaatkan sebagai pakan dan air kolam digunakan pupuk cair. Air kolam ikan ditambahkan setiap minggu untuk mengganti air yang dipakai sebagai pupuk dan hilang menguap.  Budidaya triponik ini belum sempurna, masih banyak kekurangan, maka itu perlu perbaikan.

Berikut adalah lampiran peserta final LPIR tahun 2013, dan video triponik. Dalam LPIR (Lomba Penelitian Ilmiah Remaja) ada tiga bidang, ips, ipa dan teknologi. SMP al-Jannah membawa percobaan bidang teknologi berjudul Superponik yang sekarang dinamakan Triponik.

http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2014/09/Daftar-Finalis-LPIR-2013.pdf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s