Jangan Salah Mengajarkan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 berisi pesan-pesan masa lalu, sekarang dan masa depan, meskipun belum sempurna. Masa lalu dan masa sekarangnya adalah kenyataan bahwa pejabat yang banyak korupsi, pungli, hutang negara yang menggunung, kemiskinan, ketidakmerataan, kesenjangan sosial ekonomi yang tinggi, bangsa kuli, bangsa konsumtif. Masa depan akan dimenangkan oleh bangsa yang mengetahui dan memanfaatkan informasi dan pengetahun, bangsa yang menguasai teknologi, bangsa yang mewujudkan Pancasila dari sila ke1 sampai ke-5, bangsa yang rajin, bangsa yang ulet, bangsa yang kreatif, bangsa yang mandiri, bangsa yang bisa membuat produk/karya, bangsa yang bisa menjual produknya, dari barang sederhana sampai barang teknologi tinggi, bangsa yang banyak melakukan amal saleh, bangsa yang memberikan solusi. Sifat bangsa yang positif ini bisa terwujud dari rumah dan sekolah, oleh orang tua (guru di rumah) dan guru (disekolah).

Apa aja yang salah diajarkan di K13

Salah kalau hanya transfer materi pelajaran/ilmu/pengetahuan. Karena ilmu/pengetahuan mudah dicari di buku, di perpustakaan atau di internet dan langsung selesai.

Benar kalau siswa/murid diajarkan keterampilan abad 21 yaitu 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication and Colaboration).

4C ini harus dilandasi oleh Al-Quran dan Sunnah, seperti berikut :

Maka jika datang kepadamu petunjuk dari-Ku, lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan ia tidak akan celaka. Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta. (Q.S Thaha: 123, 124).

Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.

tentang 4 C bisa di bawah ini atau situs lain

https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf

http://www.p21.org/our-work/4cs-research-series/collaboration

http://www.p21.org/our-work/4cs-research-series/communication

http://www.p21.org/storage/documents/docs/Research/P21_4Cs_Research_Brief_Series_-_Critical_Thinking.pdf

http://www.p21.org/storage/documents/docs/Research/P21_4Cs_Research_Brief_Series_-_Creativity.pdf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s