RESUME SAINS TERAPAN KELAS 5

RESUME SAINS TERAPAN KELAS 5

  1. Penerapan Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi disebut juga gaya tarik bumi, tarikan yang menarik semua benda ke arah pusat bumi. Penerapan gaya gravitasi dalam kehidupan kita misalnya untuk membuat vertikultur. Vertikultur adalah cara menanam tanaman secara tegak ke atas atau tegak ke bawah. Tanaman yang ditanam adalah tanaman hias atau tanaman sayur yang pendek, misalnya kangkung, bayam, dan sawi. Pot untuk tanamannya dibuat dari botol bekas 1500 ml. Bagian tengah dasar botol ini dilubangi sebesar diameter tutup botol. Bagian badan botol dilubangi dengan bentuk kotak, Lubang di badan ini untuk memasukan media tanam dan tanaman. Media tanamnya terdiri dari pupuk kompos, sekam bakar dan pupuk kandang.  Lalu masukkan media tanam ke dalam botol berikutnya memasukkan bibit ke dalam media tanam. Tumpuk satu persatu botol nsehingga menjadi suatu rangkaian. lalu siram hanya bagian yang paling atas, air akan turun secara gravitasi sampai ke tanaman paling bawah.

 

  1. Membuat Derek Magnet. Derek magnet adalah sebuah alat untuk mengangkat besi yang dibuat berdasarkan prinsip elektromagnet. Kawat tembaga dililitkan membentuk spiral ke paku. Ketika kedua ujung kawat dihubungkan ke kutub-kutub baterai, maka arus listrik mengalir melalui kawat. Dan arus ini akan menghasilkan medan magnet, sehingga menghasilkan gaya magnet yang mampu menarik besi ringan.
  2. Penerapan Gaya Gesek. Gaya gesek adalah gaya yang menahan gerakan benda sehingga benda berhenti bergerak. Gaya gesek terjadi karena adanya dua benda yang bergesekan. Arah gaya gesek berlawanan dengan arah gerak benda. Penerapan gaya gesek sederhana misalnya dalam pembuatan penghapus whiteboard dengan bahan kain berbeda, misalnya kain yang digunakan dari baju, kaos atau celana jin bekas.
  3. Membuat Mobil Tenaga Balon. Mobil tenaga balon merupakan penerapan pesawat sederhana roda berporos dan tenaga angin. Dengan adanya roda dan tekanan udara dari dalam balon, mobil dapat bergerak maju.

 

  1. Mengawetkan Daging Buah Papaya Dengan Tenaga Matahari. Pengawetan bertujuan supaya hasil pertanian lebih tahan lama (tidak cepat busuk) dan bisa digunakan untuk waktu yang akan datang. Pepaya yang digunakan berasal dari kebun sekolah. Pepaya dikupas kulitnya dan diris-iris lalu diletakan dalam tampah dan dikeringkan.

 

DOWNLOAD FILE INI YANG BERISI GAMBAR LENGKAP

RESUME SAINS TERAPAN KELAS 5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s