Thomas Alva Edison, Kecil Suka Percobaan Ipa Besar Jadi Orang Sukses

640px-Young_Thomas_Edison

Thomas Alva Edison, Kecil Suka Percobaan Ipa Besar Jadi Orang Sukses

Jika Thomas Alva Edison kecil tidak mengerti cara kerja suatu alat, ia akan banyak bertanya. Suatu kali Thomas Alva Edison ingin mengetahui apakah manusia bisa menetaskan telur, maka ia mencoba mengerami telur dengan duduk di atas beberapa telur, tetapi telur itu tidak berhasil menetas.

Alva ingin tahu dari mana tepung gandum/terigu berasal sehingga ia naik ke atas alat pembawa tepung gandum. Dia jatuh ke tumpukan gandum dan mulai tenggelam. Untungnya, ayahnya menariknya keluar sebelum Alva tercekik/tenggelam dalam tepung gandum.

Pada umur sembilan tahun ia diberikan buku percobaan ipa atau eksperimen sains oleh ibunya. Ia sangat senang membaca buku tersebut dan percobaan yang pertama adalah listrik statis, tetapi ia tidak berhasil.

Ia selalu menulis kata “RACUN” pada botol untuk percobaan kimianya, tetapi sebenarnya bukan beracun, supaya orang tidak ada yang menggunakan bahan-bahan dalam botol tersebut.

Ia juga melakukan percobaan Balon Manusia, ia menyuruh temannya untuk memakan tepung yang bila bercampur dengan air akan menghasilkan gas. Ia berharap dalam perut anak tersebut akan dihasilkan gas, dan anak bisa terbang seperti balon. Tapi lagi-lagi gagal.

Thomas diberikan kesempatan untuk melakukan percobaan kimia di dalam gerbong kereta. Karena eksperimen kimia yang ia lakukan, gerbong kimia tersebut terbakar. Iapun tidak boleh lagi berjualan dan percobaan sains di dalam kereta.

Tetapi rasa ingin tahunya yang besar dan kemauannya yang kuat ia tetap melakukan percobaan ipa, ia tidak pernah merasa gagal, ia hanya menemukan cara baru untuk menuju keberhasilan. Ia terus bereksperimen dari hari ke hari, tanpa kenal lelah. Ia tidak mau santai. Jika percobaan tidak berhasil, ia selalu berkata “Saya menemukan cara lain untuk berhasil”. Dan akhirnya ia bisa menemukan lampu pijar. Eksperimen Sains atau percobaan ipa yang sering dilakukannya membuat dan menjadikan dirinya bermental pantang menyerah dan menjadikan negaranya Amerika menjadi negara maju. Dan membuatnya jadi orang sukses dengan memiliki beberapa perusahaan terkenal, salah satunya General Electric.

sumber : wikipedia, imahero.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s